PENYEBAB MERASA LELAH SEPANJANG HARI

PENYEBAB MERASA LELAH SEPANJANG HARI

2 minutes, 32 seconds Read

Tentang Lelah

Kebanyakan orang berjuang dengan kantuk di siang hari sesekali, tetapi jika masalah ini berlanjut dan mulai menghalangi kehidupan sehari-hari, maka kita perlu mengatasinya. Banyak faktor yang dapat menyebabkan kelelahan terus-menerus, mulai dari kurang tidur hingga masalah kesehatan yang mendasarinya, tetapi dalam banyak kasus, hal itu dapat diperbaiki dengan beberapa perubahan gaya hidup.

Langkah pertama untuk mengatasi kelelahan yang berlebihan adalah memahami penyebab kita mengalaminya karena ini membantu menandai perbedaan antara kantuk biasa dan merasa lelah sepanjang waktu.

Penyebab merasa lelah setiap hari antara lain

Melewatkan jam makan atau terlalu banyak makan

Jika kita memiliki kecenderungan untuk melewatkan jam makan, maka ini bisa menjadi alasan Kita sangat lelah. Sebagaimana dilansir Mirror UK, pendiri Zonas Fertility Ravina Bhanot mengatakan, rentang waktu makan yang lama berakibat pada kondisi dimana kita menjadi kekurangan kalori atau tidak mendapatkan jumlah kalori yang tepat untuk menjaga energi Kita tetap tinggi. Ini juga dapat menyebabkan kadar gula darah Kita turun, yang mengakibatkan produksi energi dalam tubuh juga menurun. Tetapi kelebihan kadar gula darah juga kurang baik dalam tubuh. Sehingga, makan terlalu banyak juga bisa berdampak buruk. Musim perayaan dapat menjadi godaan untuk memanjakan diri dengan makanan gula tinggi dan makanan berkarbohidrat. Bhanot lantas memperingatkan bahwa itu “dapat mengakibatkan keadaan energi tinggi diikuti oleh kelelahan cepat setelahnya.”

Kekurangan vitamin

Kekurangan vitamin juga bisa menjadi penyebab merasa lelah setiap hari. Ini juga termasuk kadar vitamin D, vitamin B12, zat besi, magnesium, atau kalium yang rendah. Pada posisi kita yang seperti ini, mungkin hanya tes darah rutin yang dapat membantu kita mengidentifikasi kekurangannya. Setelah diidentifikasi, dokter dapat merekomendasikan untuk mengkonsumsi suplemen atau menyarankan untuk meningkatkan asupan makanan kaya vitamin tertentu untuk memperbaiki kekurangan secara alami.

Kurang tidur

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan antara tujuh dan sembilan jam tidur setiap malam. Jika kita cenderung begadang, maka Kita berisiko mengalami kurang tidur. Jadi mulailah berlatih kebiasaan tidur yang lebih baik untuk meningkatkan energi kita dimulai dengan tidur lebih awal. Bhanot menyarankan agar mencoba tidur pada jam yang sama setiap hari. “Luangkan waktu untuk bersantai untuk mengurangi stres yang dapat berkontribusi pada kelelahan Kita,” katanya.Hindari aktivitas seperti olahraga dan bermain gadget sebelum tidur.

Suhu terlalu panas atau dingin

Tidur yang terganggu di malam hari karena terlalu panas atau terlalu dingin dapat membuat kita merasa kurang segar di pagi hari.

Kelebihan berat badan

Semakin banyak beban yang Kita bawa, semakin keras tubuh Anda bekerja untuk menyelesaikan tugas sehari-hari seperti menaiki tangga atau membersihkan, membuat kita lebih mudah lelah. Mulailah dengan olahraga ringan dan lakukan rutinitas yang lebih intens untuk membantu kita menurunkan berat badan.

Stres

Stres kronis dapat menyebabkan sakit kepala, ketegangan otot, masalah perut, dan kelelahan. Ketika Kita stres, hal itu menyebabkan peningkatan kortisol dan adrenalin yang mengurangi cadangan energi tubuh  dan menjadi salah satu penyebab merasa lelah setiap hari.

Depresi

Ketika kita merasa tertekan, kekurangan energi dan kelelahan bisa mengikuti. Langkah terbaik jika kita mengalami depresi adalah berkonsultasi dengan profesional. Dari beberapa uraian diatas, mungkin ada satu atau dua hal yang menyebabkan gampangnya terjadi rasa lelah. Untuk itu kita bisa coba hindari hal hal tersebut. Selamat mencoba salam sukses

Similar Posts