KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN ANAK

KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN ANAK

2 minutes, 26 seconds Read

Tentang Komunikasi

Komunikasi yang tepat dapat menciptakan pribadi yang positif. Seperti kata sebuah peribahasa “bahasa menunjukan bangsa” artinya bahwa kata dalam berbicara selalu bisa menunjuk kepada asal mula kita dari mana. Untuk membentuk sebuah kata yang baik, kita perlu melakukannya sejak usia dini. Karena hal ini bisa mendorong anak menjadi pribadi yang positif. Bentuk komunikasi orang tua tentunya mempengaruhi cara komunikasi anak dimasa depan. Lalu bagaimana caranya membangun komunikasi yang baik dengan anak.

Berikut ada beberapa hal yang patut kita terapkan dalam komunikasi yang efektif, antara lain.

Dengarkan anak

Dengarkanlah terlebih dahulu apapun yang dikatakan anak kepada kita. Biarkan mereka tahu bahwa Anda tertarik untuk mengetahui dunia mereka. Tanyakan kepada mereka apa yang terjadi di sekolah dan lingkungan mereka. Usahakan jangan beralih ke televisi, koran, atau telepon ketika mereka mulai bicara.

Berbicara dengan mereka

Orang tua perlu menyimpan gawainya terlebih dulu dan mulailah berbicara dengan anak tentang hal-hal favorit mereka. Tunjukkan rasa penasaran kita pada apa pun yang mereka ceritakan, hal ini akan melatih anak untuk percaya diri ketika berbicara.

Mereka waktu untuk merespons

Anak-anak mungkin memerlukan beberapa saat untuk memproses dan memahami apa yang Anda katakan. Jadi berikan mereka waktu untuk merespons perkataan Anda.

Siapkan anak Anda untuk dunia yang lebih maju

Kita tidak bisa memaksa anak-anak untuk terlepas dari era teknologi yang serba canggih. Yang bisa kita lakukan adalah menyiapkan mereka. Anak-anak tumbuh dewasa menonton dan meniru apa yang dilakukan orang tua mereka, contohnya dengan menghabiskan waktu luang bermain gawai. Orang tua yang baik akan menyiapkan dan membimbing mereka. Pilihlah gawai yang sesuai untuk anak.

Berikan kata-kata yang memotivasi

Buatlah mereka merasa aman dan berikan anak kebebasan penuh untuk berkarya sesuai keinginan mereka. Teruslah memotivasi apapun hal baik yang mereka lakukan.

Berkomunikasilah dengan lebih sederhana dan jelas

Jangan membuat anak bingung dengan menunjukkan sikap dan perkataan yang rumit. Mereka, Bisa saja salah mengartikan perkataan atau gerak tubuh kita jika itu terlihat rumit.

Ajaklah anak turut berdiskusi

Ciptakan percakapan atau komunikasi yang membuat anak berpikir, libatkan anak dalam memilih sesuatu misalnya, ketika memilih warna cat kamar anak. Melatih berpikir kritis anak bisa dimulai sejak dini dengan hal sederhana, hal ini juga membuat anak merasa bahwa pendapatnya diperlukan.

Hindari Berbicara Dengan Nada Membentak 

Sistem saraf pada anak masih sangat sensitif, jadi hindari nada membentak atau menghentak kepada anak. Nada membentak terjadi biasanya keetika si anak melakukan kesalahan, point nomor tujuh dan enam pada kondisi ini sangat diperlukan.

Hindari Komunikasi Dengan Bahasa tubuh

Komunikasi dengan bahasa tubuh antara lain seperti , melotot, menunjuk atau bermain kasar.

Menjaga Emosi

Saat sedang bersama dengan anak biasanya kita dihadapkan dengan pernyataan si anak yang sering aneh bahkan kadang sedikit  emosi kita . Tetap tenang dan kuasai keadaan. Jawab sekiranya kita mampu untuk menjawab jawablah dengan cara seperti poin enam diatas, yaitu komunikasi dengan bahasa yang sederhana dan jelas. Apabila tidak mampu menjawab sampaikan dengan jujur kalau kita belum bisa menjawabnya.

Demikian diatas beberapa kiat komunikasi efektif dengan anak, selamat mencoba dan salam sukses.

Similar Posts